News Photo

Karena karakteristik sidik jari yang persisten, apakah hasil Tes PRiADI juga persisten?

by Dedi Priadi, M.T., M.A.

  • FAQ
  • Updated January 04, 2020

Hasil Tes PRiADI relatif tidak berubah selama rentang waktu. Hasil tes selama masa bayi relatif mirip dengan hasil tes di masa dewasa. Perubahan dari hasil tes PRiADI mungkin sangat kecil dan cenderung tidak signifikan karena perkembangan data kami.

Bagaimana dengan argumen bahwa kepribadian seseorang itu dinamis?

Kepribadian memang dinamis. Namun dinamika kepribadian tidak secepat putaran roda sepeda. Pengaruh lingkungan pada kepribadian seseorang lebih lambat, lebih halus, dan dimediasi oleh seberapa kuat akar kepribadiannya (pengaruh genetik). Pergerakan dinamika dan perubahan kepribadian ini dibatasi oleh garis ambang tertentu. Garis ambang ini adalah identitas diri seseorang; karakter dasar yang lebih dipengaruhi oleh faktor genetik daripada habituasi. Penemu Tes PRiADI menyebutnya kepribadian garis ambang.

Hukum kedua tentang perilaku genetika menyatakan bahwa efek dibesarkan dalam keluarga yang sama lebih kecil daripada efek gen. Artinya, semakin dewasa seseorang, semakin besar pengaruh genetik pada kecerdasan dan kepribadian seseorang. Sebaliknya, semakin dewasa seseorang, semakin rendah pengaruh lingkungan terhadap kecerdasan dan kepribadian seseorang.

Share This News

Comment

Need help?